Selasa, 14 September 2010

Burung Parkit: Temparemen Burung Parkit

Burung parkit yang dikenal lucu dan bisa jinak ini ternyata memeliliki katakter atau temparemen cenderung liar sebagaimana pada kebanyakan jenis burung lain. Meskipun sudah berhasil dijinakkan perawatan berupa pemberian kasih sayang tetap dilakukan terus menerus dengan cara memberi makanan secara langsung di tangan. Jika tidak atau kita biarkan saja mereka makan di wadah pakan saja untuk beberapa waktu yang lama maka sifat alaminya akan muncul lagi alias menjadi liar kembali.

Nah kalau sudah begitu maka harus kita jalani proses penjinakkan seperti tahap semula. Adakalanya lebih mudah karena memang pernah jinak, tetapi juga ada yang cenderung lebih susah. Mungkin ia merasa pernah terluka kali..kayak pacar saja hee..hee..

Ada sedikit tip untuk burung parkit kesayangan yang pernah jinak kemudian kembali liar yaitu kita dekatkan/kumpulkan dengan burung parkit yang jinak. Biasanya burung yang pernah jinak akan lebih mudah tenang dan beradaptasi langsung dengan teman-temannya. Sifat hidup yang suka berkoloni mendorong jenis paruh bengkok mungil ini mudah berbaur dengan kelompoknya.

Begitu si parkit ini tenang artinya tidak biyayakan atau terbang kesana kemari karena ketakutan maka proses penjinakan menjadi lebih mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar