Kamis, 03 Juni 2010

Burung Parkit: Cara lain jinakkan parkit

Tips atau trik berikut bisa kita gunakan bila beberapa cara sebelumnya tidak berhasil alias burung parkit selalu menjauh bila tangan kita ulurkan untuk memberi makan. Mungkin si burung kecil eksotis ini mengira tangan kita yang lebih besar dari ukuran tubuhnya sebagai suatu ancaman. Nah ada satu trik khusus untuk mensiasati hal tersebut.

Cara-caranya adalah sebagai berikut:
  1. Posisikan duduk kita dekat dengan sangkar burung parkit.
  2. Sembari panggil namanya (wajib) letakkan jari kita yang ditempeli pakan untuk pemancingan awal. Bila tetap tidak merespon bahkan menjauh teruskan pada trik berikut.
  3. Ambil satu batang lidi dengan panjang kurang lebih 20 cm.
  4. Basahi ujung lidi dengan sedikit air yang berfungsi untuk menempelkan biji milet atau jewawut pada ujungnya.
  5. Ulurkan ujung lidi yang ditempeli biji milet tersebut perlahan-lahan agar burung parkit tidak kaget atau beraksi panik.
  6. Bila burung parkit mau mengambil makanan tersebut itu pertanda positif teruskan berulang-ulang dan jangan lupa panggil namanya.
  7. Sekarang coba kurangi pegangan tangan kita pada lidi, sehingga jarak tangan kita dengan ujung lidi semakin dekat. lakukan hingga tangan kita berada pada ujung lidi dekat pakan tersebut. Nah kalau burung parkit sudah tidak takut lagi maka singkirkan lidi tersebut dan ganti dengan ujung jari kita yang dibasahi sedikit air untuk menempelkan biji milet.
  8. Kalau si burung parkit sudah mau mengambil makanannya langsung maka coba tangan kita masukkan sangkar dan beri umpan secara close up. Begitu seterusnya hingga dia betul-betul nyaman.
  9. Aksi selanjutnya adalah sodorkan jari telunjuk kita untuk tangkringan kaki burung parkit, kalau dia melakukan hal tersebut berarti mulai muncul tanda kejinakannya.
Nah diatas adalah satu trik menjinakan burung parkit ataupun burung yang lainnya. Tentu masih ada trik-trik yang lainnya dari para burung yang berpengalaman. Tapi yang jelas trik tersebut saya gunakan untuk menjinakkan burung parkit yang kesekian kali dan tampak bandel alias susah didekati dengan tangan secara langsung seperti burung-burung parkit saya yang lainnya.

10 komentar:

The Goolz mengatakan...

klo baru beli cara ngejinakinnya gmna gan??
kandangnya kasih makan jgn??

Bryant mengatakan...

Untuk burung baru wadah makanan di kandang tidak usah di isi ato diberi makan. tetapi coba di suapi lewat tangan untuk melatih kepercayaan burung pada kita. setelah mulai mau makan lewat tangan langsung baru di isi sedikit saja tetapi pemberian makan lewat tangan tetap diteruskan hingga keabraban burung dengan kita semakin kuat. setelah itu beri makan seperti biasa. tetapi perlu di ingat pemberian pakan lewat tangan sesekali tetap di lakukan agar 'keakraban' tetap terjalin.

aldo biko oentoro mengatakan...

bos, saya br beli parkit sepasang. Kata penjualnya jangan dikasih minum, kasihnya toge aj karna airnya bisa masuk hidung, apa betul?

Bryant mengatakan...

Nggak juga, bagaimanapun semua jenis burung tetap butuh air minum bahkan kadang u mandi. Yang perlu diperhatikan adalah wadah air yang dipasang di sangkar jangan terlalu besar. Cukup ukuran kecil agar bisa habis dalam 1-3 hari. setelah itu cuci dan isi lagi dengan air yang bersih yang baru...

Gacor abiz mengatakan...

Gan kalau saya baru beli lovebird jantan, pertamanya si jinak tapi pas di rumah sehari jadi agresif itu kenapa ya.?

Bryant mengatakan...

Gacor Abiz..burung agresif ada beberapa faktor diantaranya yaitu terlalu birahi dan bisa juga stress...jadi kalo penyebabnya birahi maka kurangi penjemuran atau terkena matahari yg bisa meningkatkan birahi dan juga makanan extra fooding juga bisa dikurangi. kalo stress bisa dibantu dengan sering dimandikan...

Hujan Itu mengatakan...

gan,alamatnya dimana nich??mgkn bs maen2 ke TKP biar bs nimba ilmu ttg parkit gan,kbetulan ane pecinta parkit tp masih pemula,sbelumnya terima kasih gan

achmad fuad mengatakan...

sip pencerahannya gan..

Febry Poetera Thandjunk mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Febry Poetera Thandjunk mengatakan...

Gan! Saya mempunyai parkit yg luka sampai kelihatan dagingnya yang disebabkan parkit menggigit tubuhnya sendiri karna waktu membawanya tidak diberi makanan di dalam kantong kertas, saya membelinya di tasikmalaya dibawa ke jakarta. Cara pengobatan bagaimana? Apakah kulit dan bulunya bisa utuh lagi seperti semula? Apakah harus di pisah dari parkit yang lain!

Poskan Komentar