Minggu, 30 Mei 2010

Burung Parkit: Cara membedakan jenis kelamin parkit

Satu cara penunjang keberhasilan budidaya burung parkit adalah ketelitian didalam membedakan jenis kelamin burung parkit (sexing). Kebiasaan saling loloh atau saling bertukar makanan yang mirip percumbuan juga dilakukan parkit sesama jenis berkelamin jantan.

Jadi jangan dijadikan acuhan kalau ada sepasang burung parkit yang 'kelihatan mesra' dipastikan sepasang kekasih. Nah disinilah perlu pengetahuan atau teknik membedakan jenis kelamin burung parkit secara sederhana.

Burung parkit jantan mempunyai ciri yang sangat jelas pada tonjolan hidungnya yang berwarna biru. Sedangkan sang betina cenderung berwarna putih semu. Yang jadi masalah adalah kalau burung parkit tersebut masih tergolong sangat muda atau masih anakan, kadang warna biru pada hidung tidak begitu jelas. Tanda kebiruan pada hidung parkit jantan terlihat jelas pada parkit dewasa. (lihat gambar parkit diatas: tampak jelas warna biru pada bagian hidungnya, lalu bandingkan dengan gambar warna hidung parkit di bawahnya)

15 komentar:

703.T.R (tejo) mengatakan...

boss Bry..mw tny ne..??
w pny spasang,,tp agakNY tu jantan kurang agresif kali y??mana tu burung kgk bs terbang tinggi,,coz w iseng2 bwa k dlm rumah lau mw terbang slalu jatuh ke lantai(tp tenang safety first kok :)) n lau d kandang dy tu manjat, turunNY y jatuh,,tp untung tu kndang g gede bgt...kasian jd tu burung..:(
trz lau sakit tu burung ciriNy gimana y??trz ad g obatNY or penambah stamina or multivitaminNy gitu biar g gmpng sakit....(ROSSO..ROSSO...!!hehe)

sblmNY makasih ne infoNY bagus2......

Bryant mengatakan...

Lam Kenal Mr Tejo,
Mungkin jantannya terlalu tua ataupun brondong sehingga ngeper liatin ceweknya heee..heee. Sebab lain bisa jadi burung tersebut sakit. Soal vitamin banyak kok di penjual pakan dan obat burung.

ChandraMagician.blogspot.com mengatakan...

kalau burung parkit yang pantes buat di latih yang jantan apa betina terus mbedain parkit yg masih muda sm yang dah tua gimana

Bryant mengatakan...

Halo Mr Chandra. Kalo yang melatih cowok sebaiknya burungnya betina. Tapi kalo yang pelatihnya cewek sebaiknya yang jantan. hee..hee.. yaaa nggak bos..Pada dasarnya jantan atao betina sama-2 bisa dilatih. Untuk bedain jantan ato betina muda tetap berpatokan pada warna batang paruhnya,meskipun agak sulit karena belum matang kelamin sehingga warna tersebut tidak jelas.

radcliffeisme mengatakan...

hai aku mw nanya nih, td kan aku br aja bli brung parkit,, trus td liat di arikelnya ktnya langsung di mandiin apa gk stress?

Chii_JapRaX mengatakan...

m'f bos mw tnnya....
saya punya s'psang burung parkit....

tp koq wrna hidung_n b'rubah tyuz (aneh)...

Bryant mengatakan...

Untuk radoliffeisme .justru ritual pemandian burung yang baru kita beli bisa mengurangi tingkat stressnya dalam menyesuaikan lingkungan baru...

Bryant mengatakan...

Untuk Chii_japrax. kalo boleh tahu warnanya rubah dari warna apa ke warna apa ya...

Muhammad Rio mengatakan...

saya punya dua pasang parkit.. yg satu kayaknya sering berantem.. itu kenapa ya..?? saya boleh minta nama blog atau website untuk memberi nama burung itu.. thanks.. ( From:Rio Pratama

Bryant mengatakan...

U Muhammad Rio nama kayaknya bebas-bebas saja tergantung pemiliknya. Namum kalo mau kunjungi silahkan ke http://petparakeetcare.blogspot.com

romahaz mengatakan...

MAU TERNAK PARKIT MENGHASILKAN BANYAK KEUNTUNGAN
http://www.formulabisnis.com/?id=romahaz

arvian rizkinaldi mengatakan...

kalo burung yang cerenya warna ungu itu jantan apa betina?

Aziz Ridwan mengatakan...

mau tanya gan.. kalo burung parkit itu bagusan mana sih jantan ato betina??

mulya saroh mengatakan...

terimakasih banyak gan atas inffonya sangat bermanfaat alnya saya baru beli burung parkit yang berumur 2 bulan .....!

Maheza Ranggawuni mengatakan...

malemm boss...
mwu tnya nih low yg bunyi tuh jantan ato btina¿¿¿¿...

mkzeh bossss..

Poskan Komentar